ABS (Anti-lock Brake System)
ABS berfungsi untuk menghindari penguncian ban dan hilangnya kemampuan membelok pada roda depan (steering) saat pengereman darurat, dapat dilakukan secara efektif dengan cara menekan dan melepaskan rem berkali-kali. Tetapi, cara pengereman seperti itu tidak mungkin dilakukan saat pengereman darurat karena tidak tidak tersedia waktu.
ABS menggunakan komputer untuk menentukan kondisi putaran keempat roda saat pengereman dan dapat menekan dan melepaskan rem secara otomatis .
Perbedaan rasio antara kecepatan bodi kendaraan dan kecepatan roda dikenal dengan "slip ratio".
Bila perbedaan antara kecepatan roda dan kecepatan kendaraan menjadi terlalu besar, maka akan terjadi selip antara ban dan permukaan jalan.
Dengan ABS juga akan menghasilkan gesekan dan pada akhirnya akan berfungsi sebagai tenaga pengereman dan memperlambat kecepatan kendaraan.
Hubungan antara tenaga pengereman dan slip ratio dapat dijelaskan lebih mendalam seperti terlihat pada grafik di sebelah kiri.
Tenaga pengereman tidak sebanding dengan slip ratio, berada pada kondisi maksimum bila prosentase slip ratio antara 10 hingga 30%. Di atas 30%, tenaga pengereman secara bertahap akan menurun. Karenanya, untuk mempertahankan tenaga pengereman pada tingkat maksimum, slip ratio harus dipertahankan antara 10 hingga 30% setiap saat.
Sebagai tambahan, sangat penting untuk mempertahankan gaya belok pada tingkat optimum untuk menjaga stabilitas arah pengemudian. Untuk melakukan hal ini, ABS didesain untuk mengoptimalkan kinerja rem dengan menggunakan slip ratio 10-30% apapun kondisi jalannya, pada saat yang sama juga menjaga gaya belok setinggi mungkin untuk mempertahankan stabilitas arah pengemudian.
Belum ada tanggapan untuk "Apa Itu ABS (Anti-lock Brake System)"
Posting Komentar