Transaxle otomatik terdiri dari torque converter, planetary gear unit, dan sistem kontrol hidrolik.
Ia menggunakan tekanan hidrolik untuk secara otomatis memindah roda gigi sesuai dengan kecepatan kendaraan, pembukaan akselerator, dan posisi tuas pemindah. Oleh karena itu, tidaklah perlu untuk mengubah roda gigi seperti pada transaxle manual; ia bahkan tidak dilengkapi dengan kopling.
Ia juga menggunakan komputer untuk mengatur pemindahan sesuai dengan kondisi pengendaraan yang terdeteksi oleh sensor-sensor. Sistem ini disebut ECT (Electronically Controlled Transmission).
Torque converter kendaraan transaxle otomatik mengirimkan tenaga mesin ke transaxle dengan memanfaatkan gaya fluida. Prinsip kerjanya dapat disamakan dengan sepasang kipas yang saling berhadapan. Satu kipas mneiup udara untuk memutar kipas lain. Putaran pump impeller memberikan gaya sentrifugal ke fluida, yang mengirimkan tenaga ke turbine runner.
PETUNJUK:
Terdapat juga tipe torque converter yang memiliki mekanisme penguncian untuk secara mekanik mengirimkan tenaga tanpa menggunakan fluida. Hal ini dicapai dengan mengoperasikan kopling-kopling yang mengganti jalur-jalur pengiriman tenaga, dan secara langsung memasangkan turbine runner dengan penutup depan
Belum ada tanggapan untuk "Transaxle Otomatik "
Posting Komentar